illustrasi
Sabet Medali Emas Pertama Para Renang di PEPARNAS XVII, Pencapaian Istimewa Erlansyah sebelum Pensiun
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

PEPARNAS XVII, SOLO - Atlet asal Kalimantan Barat, Erlansyah, mencatatkan diri sebagai peraih medali emas pertama cabang olahraga para renang pada ajang Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 di Intanpari Waterpark, Karanganyar, Senin (7/10/2024).

Erlansyah berhasil mencatatkan waktu 6 menit 06,26 detik pada nomor 400 meter gaya bebas putra klasifikasi S8. Erlansyah mengungguli tiga pesaingnya yakni atlet asal Kalimantan Selatan, Ansari, yang menempati posisi kedua dengan raihan waktu, 6 menit 43,84 detik.

Kemudian di peringkat ketiga ditempati Agung Hariyanto asal Jawa Tengah yang mencatatkan waktu 10 menit 33,94 detik, serta di peringkat keempat diduduki Fery Dwi Nugroho asal Jawa Tengah dengan catatan waktu 11 menit 06,52 detik.

Keberhasilan meraih medali emas nomor 400 meter gaya bebas putra SB ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Erlansyah. Sejak masa persiapan, Ia sudah memasang target medali emas pada PEPARNAS XVII.

"Alhamdulilah saya senang sekali. Saya memang mengincar target medali emas di nomer 400 meter ini, sudah sesuai target. Pertandingan tadi seru dan ketemu sama kawan-kawan semua. Deg-degan juga rasanya," kata Erlansyah.

Berawal dari Seorang Nelayan

Erlansyah menceritakan, kiprahnya sebagai atlet para renang berawal dari ajakan teman untuk ikut olahraga renang pada tahun 2004 lalu. Ia memiliki pengalaman dalam dunia renang lantaran pernah menjadi nelayan di kampung halamannya.

Kemudian, setelah menjalani berbagai pelatihan dan pertandingan, akhirnya ia berhasil masuk dalam daftar atlet PEPARNAS XVII.

"Saya dulu awalnya seorang nelayan, lalu sempat buka usaha tambal ban, dan jadi penjual bunga. Lalu ada kawan mengajak ikut olahraga renang, karena memang saya mantan pelaut dan bisa berenang, itu sekitar tahun 2004, dan akhirnya masuk tahun ini," ujarnya.

Putuskan Pensiun

Erlansyah menyebut, medali emas di PEPARNAS XVII Solo 2024 menjadi capaian penutupnya sebagai seorang atlet para renang. Faktor usia yang sudah menyentuh 44 tahun menjadi alasan kuat Erlansyah memutuskan untuk pensiun sebagai atlet para renang.

"Mungkin ini terakhir saya turun, usia sudah mau 45 tahun," ungkap dia.

Namun demikian,  pihaknya akan tetap berupaya maksimal untuk meraih medali di dua nomer lain yang ia ikuti, yakni 100 meter gaya bebas bebas putra S8 dan 100 gaya punggung putra S8.

"Saya ikut tiga nomer yaitu 400 meter, 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya punggung. Saya akan berusaha. Sebelum ini saya sudah latihan rutin selama tiga bulan," jelas Erlansyah.

 

Data Foto, Video, dan Teks bisa di unduh di tautan berikut:
KLIK DISINI
Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

Peparnas XVII 2024

Peparnas Solo 2024

Pemkot Solo

DB Susanto

Kemenpora


Selengkapnya

Sosial Media