illustrasi
Berbekal Persiapan Matang, Jawa Tengah Optimistis Rebut Juara Umum PEPARNAS 2024
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

SOLO – Kontingen Jawa Tengah mengusung optimisme tinggi untuk kembali merebut status sebagai juara umum pada Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Tahun 2024 yang berlangsung di Kota Solo mendatang. Ini juga menjadi kesempatan bagi Provinsi Jawa Tengah untuk mengukuhkan dominasinya di perhelatan nasional ini.

Sebanyak 34 provinsi akan ikut serta pada ajang PEPARNAS XVII Tahun 2024. Jawa Tengah menjadi salah satu kontingen yang diprediksi akan meramaikan persaingan merebut juara umum.

Jawa Tengah merupakan kontingen yang paling sering mengamankan gelar juara umum PEPARNAS. Jawa Tengah sudah juara umum lima kali sejak kali pertama PEPARNAS dihelat pada tahun 1957. Capaian tersebut hanya bisa disamai kontingen Jawa Barat.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Tengah, Osrita Muslim, menegaskan keseriusan provinsinya untuk mendapatkan hasil terbaik pada PEPARNAS XVII Tahun 2024 ini. Hal itu dibuktikan dengan program jangka panjang untuk mempersiapkan amunisi terbaik.

Menurut Osrita Muslim, NPCI Jateng telah menyiapkan ratusan atlet melalui Pelatihan Daerah (Pelatda) intensif yang telah digeber di area Solo Raya sejak November tahun lalu. Para atlet yang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah tersebut terbagi dalam 14 cabang olahraga (cabor) yang berbeda.

Persiapan Kontingen Jawa Tengah untuk PEPARNAS XVII Tahun 2024. Foto: Tim Media PB Peparnas

"Menghadapi PEPARNAS XVII Tahun 2024 ini, kami sudah menyiapkan atlet-atlet yang potensial dengan menggelar pelatihan daerah dari bulan November 2023 sampai dengan saat ini. Sejauh ini, jumlah atlet yang kami persiapkan ada 367 atlet," kata Osrita Muslim.

Jawa Tengah terakhir kali membawa pulang gelar juara umum pada PEPARNAS XIV Tahun 2012 yang saat itu berlangsung di Riau. 

Catatan ini melanjutkan kesuksesan Jawa Tengah ketika mendapatkan status serupa pada edisi sebelumnya, yakni edisi XIII yang bergulir di Kalimantan Timur pada 2008.

Khusus PEPARNAS XVI Tahun 2021 yang berlangsung di Papua, kontingen Jawa Tengah harus puas menempati peringkat ketiga di bawah Papua yang menjadi juara umum dan Jawa Barat yang menduduki posisi kedua. Ketika itu, Jateng membawa pulang total 225 medali dengan rincian 89 emas, 60 perak, dan 76 perunggu. 

Osrita Muslim memastikan, perjalanan kontingen Jawa Tengah untuk mengarungi perhelatan kali ini dapat berjalan lancar. Apalagi, Jawa Tengah mengusung target merebut kembali status juara umum pada PEPARNAS XVII Tahun 2024.

"Kami berharap tidak ada hambatan untuk terjun di PEPARNAS XVII ini, karena mimpi kami adalah ingin menjadi juara umum. Apalagi, pada edisi sebelumnya, kami bisa menduduki peringkat ketiga perolehan medali. Insya Allah, kami merasa optimistis dengan target juara umum pada PEPARNAS XVII ini," ujarnya.

Total ada 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PEPARNAS XVII Tahun 2024, mulai 6 Oktober hingga 13 Oktober 2024.

Cabang olahraga tersebut antara lain Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja.

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk,Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

PEPARNAS XVII Tahun 2024

Persiapan PEPARNAS XVII Tahun 2024

Persiapan Kontingen Jawa Tengah Untuk PEPARNAS 2024


Selengkapnya

Sosial Media