illustrasi
Atlet PEPARNAS XVII 2024 Berjaya di HYDROPLUS Indonesia Para Badminton International 2024
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

SOLO - Sejumlah Atlet para bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga pada Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 berjaya saat mengikuti HYDROPLUS Indonesia Para Badminton International 2024. Indonesia sudah resmi mengamankan lima gelar.

Indonesia sebagai tuan rumah diwakili 32 atlet para bulu tangkis pada ajang yang berlangsung di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini.

Meski dikepung 60 peserta dari India, atlet-atlet Indonesia yang juga akan mengikui ajang PEPARNAS XVII ini sukses menunjukkan kelasnya. Dari total 20 nomor pertandingan, lima nomor sudah berstatus All Indonesian Final.

Final ganda campuran klasifikasi SL 3 - SU 5 mempertemukan Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila dengan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah. 

Pertemuan ini menjadi final ulangan Paralimpiade Paris 2024 untuk nomor yang sama. Fredy Setiawan bersama Khalimatus Sadiyah punya keinginan untuk membalas kekalahan di Paris.

MASUK FINAL : Rina Marlinai berusaha mengembalikan kok dalam semi final di Indonesia Para Badminton International 2024 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (21/09/2024). Rina Marlina berpasangan dengan Subhan Subhan berhasil masuk ke putaran Final setelah berhasil mengalahkan Dhinagaran Pandurangan yangberpasangan dengaan Katelyn Colley. PB PEPARNAS/Yoma Times Suryadi

"Ada keinginan sih (membalas kekalahan), tetapi untuk hasilnya nanti biar Tuhan yang menentukan. Kita akan berusaha menampilkan yang terbaik," kata Fredy Setiawan, Sabtu (21/9/2024).

All Indonesian Final juga terjadi pada nomor ganda campuran SH 6. Subhan/Rina Marlina ditantang Ravendra/Aprliyana Sulistyawati. Setelah partai tersebut, Rina Marlina akan bertemu dengan Irianti Yunia Widya pada partai final tunggal putri SH 6. 

Selain tiga nomor tersebut, All Indonesia Final terjadi pada nomor tunggal putri SL 5 dan ganda putri SL 3 - SU 5. Warining Rahayu akan menghadapi Leani Ratri Oktila pada final tunggal putri SL 5.

Kemudian, Leani Ratri yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah akan bersua Warining Rahayu yang berpasangan dengan Qonitah Ikhtiar Syakuroh pada final ganda putri SL 3 - SU 5.

Selain lima nomor berstatus All Indonesia Final, Indonesia memiliki kans meraih tujuh gelar lainnya. Fredy Setiawan akan bertemu wakil India, Sukant Kadam, pada nomor tunggal putra SL 4. 

MASUK FINAL : Hikmat Ramdani (kiri) melakukan servis dalam semi final di Indonesia Para Badminton International 2024 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (21/09/2024). Hikmat Ramdani berpasangan dengan Leani Ratri Oktila berhasil masuk ke putaran Final setelah berhasil mengalahkan Reksi Sudarno dan Nur Juani. PB PEPARNAS/Yoma Times Suryadi

Pelatih kepala tim para bulu tangkis Indonesia, Jarot Hernowo, menyebut partai ini sangat menarik. Fredy mengalahkan Sukant Kadam dalam perebutan medali perunggu di Paralimpiade Paris 2024 dengan dua set langsung, 21-17, 21-18.

"India memang membawa beberapa atletnya yang bagus, salah satunya Sukant Kadam ini. Dia tadi mengalahkan Hikmat Ramdani pada babak semifinal," kata Jarot Hernowo.

Suryo Nugroho juga akan bertemu wakil India, Ruthick Ragupathi, pada partai final tunggal putra SU 5. Hal sama terjadi pada Qonitah Syakuroh yang bersua Mandeep Kaur pada nomor tunggal putri SL 3.

Ganda campuran WH 1 - WH 2 dan ganda putra SL 3 - SL 4 juga tak ketinggalan mempertemuan wakil Indonesia dan India. Agung Widodo/Katarina Dwi Putri Kristianti akan melawan Prem Kumar Ale/Alphia James. Lalu, Fredy Setiawan/Dwiyoko akan bertemu Nahel Gupta/Naveen Sivakumar.

Sementara pada nomor tunggal putra SH 6, Subhan akan bertemu Sivarajan Solaimalai dari India. Kemudian pada nomor tunggal putra WH 2, Wiwin Andri akan melawan jagoan Korea Selatan, Kim Jung-jun. 

MASUK FINAL : Rina Marlinai berusaha mengembalikan kok dalam semi final di Indonesia Para Badminton International 2024 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (21/09/2024). Rina Marlina berpasangan dengan Subhan Subhan berhasil masuk ke putaran Final setelah berhasil mengalahkan Dhinagaran Pandurangan yangberpasangan dengaan Katelyn Colley. PB PEPARNAS/Yoma Times Suryadi

"Ini akan menjadi pertandingan yang berat bagi Wiwin Andri karena Kim Jung-jun ini merupakan peraih medali perunggu di Paralimpiade 2024 kemarin," jelas Jarot Hernowo.

Partai final HYDROPLUS Indonesia Para Badminton International 2024 akan berlangsung di Edutorium UMS, Solo, pada Minggu (22/9) mulai pukul 09.00 WIB.

Daftar atlet PEPARNAS XVII 2024 yang tampil di final HYDROPLUS Indonesia Para Badminton International 2024

 1. Qonitah Ikhtiar Syakuroh (Daerah Istimewa Yogyakarta)

 2. Hikmat Ramdani (Jawa Barat)

 3. Leani Ratri Oktila (Riau)

 4. Agung Widodo (Jawa Tengah)

 5. Katarina Dwi Putri Kristianti (Jawa Barat)

 6. Subhan (Jawa Tengah)

 7. Wiwin Andri (DKI Jakarta)

 8. Rina Marlina (Jawa Barat)

 9. Warining Rahayu (Jawa Tengah)

10. Khalimatus Sadiyah (Jawa Timur)

11. Apriliyana Sulistyawati (Jawa Tengah)

12. Irianti Yunia Widya (Jawa Tengah)

13. Fredy Setiawan (Jawa Tengah)

14. Suryo Nugroho (Jawa Tengah)

15. Dwiyoko (Jawa Tengah)

16. Ravendra

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

PEPARNAS XVII Tahun 2024

HYDROPLUS Indonesia Para Badminton International 2024

Atlet Para Bulu Tangkis Indonesia


Selengkapnya

Sosial Media