illustrasi
Pendapat Leani Ratri Oktila Terkait Kategorisasi Atlet di PEPARNAS XVII 2024
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

SOLO - Atlet para bulu tangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila, memahami pentingnya gelaran Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Tahun 2024 sebagai bagian regenerasi atlet nasional. Adanya kategorisasi atlet menjadi solusi bijak.

3.100 atlet dari 34 kontingen akan terbagi dalam dua kategori pada PEPARNAS XVII 2024. Atlet yang pernah meraih medali emas perorangan pada ajang PEPARNAS atau pernah mengikuti multievent internasional, seperti ASEAN Para Games, ASIAN Para Games dan Paralimpiade akan masuk kategori elite.  

Sementara untuk atlet yang belum pernah mengikuti multievent internasional dan belum pernah meraih medali emas nomor perorangan pada ajang PEPARNAS akan masuk kategori atlet nasional.  

Atlet kategori nasional boleh mengikuti nomor pertandingan kategori elite dan nasional. Sementara atlet elite hanya diperbolehkan mengikuti satu nomor pertandingan kategori elite.  

PB PEPARNAS XVII/Yoma Times Suryadi - Atlet Para bulu tangkis Leani Ratri Oktila mengembalikan kok dalam pertandingan ganda putri dalam HYDROPLUS Indonesia Para Badminton International 2024 di Edutorium UMS Solo, Rabu (18/9/2024).

Leani Ratri Oktila menjadi salah satu atlet yang terkena kebijakan kategorisasi ini. Leani Ratri boleh mengikuti dua nomor pertandingan pada Paralimpiade Paris 2024. Sementara pada PEPARNAS XVII 2024, Leani Ratri hanya akan mengikuti satu nomor pertandingan ketegori elite.  

Terkait hal tersebut, Leani Ratri Oktila mendukung penuh adanya kategorisasi atlet pada PEPARNAS XVII 2024. Leani Ratri memahami peran PEPARNAS XVII 2024 sebagai bagian dari regenerasi atlet nasional.

"Itu menjadi keputusan yang sangat bijaksana," kata Leani Ratri saat ditemui usai tampil pada ajang HYDROPLUS Indonesia Para Badminton International 2024 di Edutorium UMS, Karangasem, Solo, Rabu (18/9/2024).

"Yang saya rasakan dahulu ketika menjadi atlet baru dan harus melawan teman-teman yang sudah bermain di level internasional, pasti punya rasa nervous tersendiri," lanjut Leani Ratri.

Leani Ratri pun berharap kebijakan ini bisa membuat atlet-atlet daerah lebih termotivasi dalam mengejar prestasi. Ia sudah mendengar informasi tentang banyaknya atlet-atlet muda yang akan bertanding pada PEPARNAS XVII 2024, khususnya cabang olahraga para bulu tangkis.  

"Tidak bisa dipungkiri yang namanya atlet muda baru muncul, pasti punya nervous yang tinggi. Dengan adanya kebijakan ini, pasti mereka bisa lebih maksimal," tutur Leani Ratri.

"Saya rasa PEPARNAS nanti bisa menjadi ajang untuk menemukan potensi-potensi baru," imbuh Leani Ratri.

Pada PEPARNAS XVII 2024, Leani Ratri akan bertarung mewakili kontingen Riau. Leani Ratri akan berjumpa lagi dengan sesama atlet Paralimpiade Paris 2024, Khalimatus Sadiyah, yang mewakili kontingen Jawa Timur.  

Leani Ratri dan Khalimatus akan mengikuti nomor pertandingan tunggal putri klasifikasi SL4 kategori elite. Cabang olahraga para bulu tangkis akan digelar di Edutorium UMS pada tanggal 7 Oktober hingga 13 Oktober 2024.

 

 

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

Peparnas Solo 2024

Jarot Hernowo

Para Bulu Tangkis Indonesia

Leani Ratri Oktila

Peparnas XVII 2024


Selengkapnya

Sosial Media