illustrasi
Bandara dan Lanud Adi Soemarmo Siap Sambut Kedatangan 34 Kontingen PEPARNAS XVII 2024
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

SOLO – Pihak pengelola Bandar Udara (Bandara) dan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Adi Soemarmo telah siap untuk menyambut kedatangan kontingen yang bakal berjuang pada ajang Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Tahun 2024 yang bergulir pada 6 hingga 13 Oktober 2024 di Kota Solo.

Kedatangan para kontingen PEPARNAS XVII Tahun 2024 ini menjadi salah satu aspek yang menjadi perhatian khusus karena melibatkan lebih dari 4.500 atlet dan ofisial dari 34 provinsi. Hal ini karena mayoritas kontingen bakal berangkat menuju Kota Solo melalui jalur penerbangan udara.

Oleh sebab itu, Pengurus Besar (PB) PEPARNAS XVII telah berkoordinasi dengan pihak pengelola Bandara serta Lanud Adi Soemarmo untuk membantu akomodasi kedatangan ribuan atlet dan ofisial dari seluruh penjuru Indonesia agar berjalan lancar, aman, dan nyaman.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Erick Rofiq Nurdin, menjelaskan bahwa pihaknya sudah memiliki pengalaman mengelola jadwal kedatangan ribuan atlet, tepatnya ketika menyambut kontingen pada perhelatan ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo.

"Kami sudah berkoordinasi dengan PB PEPARNAS, Dinas Perhubungan (Dishub), hingga pihak maskapai untuk kedatangan para atlet ini. Kami sudah siap karena kami sebelumnya sudah memiliki pengalaman," ujar Erick Rofiq Nurdin usai rapat koordinasi di Gedung Angkasa Pura I, Rabu (4/9/2024) siang.

"Kami sudah mengakomodir fasilitas-fasilitas ramah disabilitas di area kedatangan maupun keberangkatan. Nanti juga akan disediakan protokol khusus untuk mendampingi para atlet. Ada pula jalur-jalur khusus yang bisa dilalui, sehingga memudahkan para atlet untuk bisa keluar-masuk menggunakan fasilitas bandara," lanjutnya. 

Rapat Koordinasi Kedatangan Atlet PEPARNAS XVII Tahun 2024. Foto: Tim Media PB Peparnas 

Untuk memastikan kenyamanan kedatangan seluruh atlet pada PEPARNAS XVII Tahun 2024, Erick memastikan, fasilitas-fasilitas yang tersedia di Bandara Adi Soemarmo sudah memenuhi kriteria ramah disabilitas. 

"Ada beberapa fasilitas ramah disabilitas di Bandara Adi Soemarmo. Misalnya, kami tidak menggunakan tangga, tetapi menggunakan lift. Kemudian juga ada kamar mandi khusus untuk penyandang disabilitas, hingga penyediaan kursi roda," ujar Erick.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Nav Pujo Wahono, telah menerima instruksi dari Komandan Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko, untuk mendukung sepenuhnya penyelenggaraan PEPARNAS XVII Tahun 2024 ini.

Pujo Wahono menjelaskan, Pangkalan TNI AU bakal dilibatkan untuk membantu kedatangan pesawat yang ditumpangi kontingen untuk memastikan proses pengamanan, keamanan, dan operasionalnya bisa berjalan dengan optimal. 

"Berdasarkan hasil rapat bersama, kami sudah membagi tugas, antara pihak Bandara, Lanud, serta tim-tim yang terlibat. Karena Bandara Adi Soemarmo ini statusnya enclave sipil, atau bandara sipil yang menumpang di militer, sehingga dalam proses pengamanan, keamanan, serta operasionalnya, itu ada turut serta dari pihak Pangkalan TNI Angkatan Udara," kata Pujo Wahono.

Rapat Koordinasi Kedatangan Atlet PEPARNAS XVII Tahun 2024. Foto: Tim Media PB Peparnas 

Selain memastikan pengamanan, kenyamanan, serta kelancaran kedatangan seluruh kontingen PEPARNAS XVII ini, Lanud Adi Soemarmo juga akan menyediakan fasilitas lounge atau area tunggu khusus untuk tamu dengan kategori VIP dan VVIP.

"Untuk menjamin kelancarannya, Lanud Adi Soemarmo memberikan dukungan terhadap Bandara Adi Soemarmo, untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan kedatangan dan kepulangan kontingen. Salah satunya memberikan kelancaran dalam proses pengeluaran bagasi, pengamanan, dan memberikan kenyamanan,” ujarnya.

"Kami juga mempersilakan penggunaan lounge yang dimiliki oleh Lanud untuk menyambut tamu VIP maupun VVIP. Untuk kedatangan tamu VIP dan VVIP, kami juga menyediakan ruang khusus yang berada di selatan bandara. Sehingga, akses yang diterima tamu VIP dan VVIP lebih mudah,” lanjutnya

Menurut jadwal, kontingen dari 34 provinsi bakal tiba di Kota Bengawan mulai 1 Oktober 2024. PEPARNAS XVII akan kedatangan lebih dari 4.500 atlet serta ofisial dari 34 provinsi.

"Sesuai dengan jadwal, kedatangan kontingen Peparnas ini pada 1 Oktober 2024. Mungkin juga bisa sampai tanggal 4 karena mereka harus melakukan persiapan," ujar ketua pelaksana PEPARNAS XVII Tahun 2024, D.B. Susanto.

 

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

Pekan Paralimpiade Nasional 2024

PEPARNAS XVII Tahun 2024

PEPARNAS Solo 2024

Persiapan PEPARNAS XVII Tahun 2024


Selengkapnya

Sosial Media