illustrasi
Faktor Penting Lancarnya Transportasi Atlet di PEPARNAS XVII Solo 2024
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

PEPARNAS XVII, SOLO - Pelayanan armada transportasi saat Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 sangat optimal sejak hari pertama perhelatan. Sebanyak ratusan armada dikerahkan untuk menjadi kendaraan bagi para atlet hingga perangkat pertandingan.

Kelancaraan transportasi selama PEPARNAS XVII Solo ini tidak lepas dari koordinasi apik antara Bidang Transportasi Panitia Besar (PB) PEPARNAS XVII dan BUMD PT Transportasi Jakarta yang meminjamkan 11 armadanya. 

Dalam konferensi pers yang digelar di Media Center PEPARNAS XVII Solo, Rabu (9/10/2024) siang, Ketua Sub Bidang Transportasi PB PEPARNAS XVII, Taufiq Muhammad, mengatakan fasilitas untuk multievent olahraga disabilitas ini sudah sangat maksimal sejak hari pertama event digelar.

"Transportasi PEPARNAS XVII ini kami diberikan bantuan Kemenhub sebanyak 40 bus medium, 51 Hi-Ace whell chair yang ada ramp untuk pengguna kursi roda, kami juga dibantu Pemprov DK Jakarta sebanyak 11 armada bus, 10 Transjakarta, satu bus sekolah yang punya fasilitas untuk warga disabilitas," ujar Taufiq Muhammad.

Selain atlet, Taufiq menyebut transportasi juga dipersiapkan bagi wasit dan perangkat pertandingan.

"Di PEPARNAS XVII, kami juga menyediakan ada minibus untuk technical delegate atau pengawas, ada beberapa bus untuk wasit, juri dewan hakim semuanya kami fasilitasi. Untuk armada ini, kami tempatkan di penginapan," ulasnya.

Belajar dari Pengalaman

Taufiq juga mengatakan semuanya sudah dirancang sejak awal untuk membuat transportasi saat PEPARNAS XVII berjalan lancar. Ia bahkan mengatakan, setiap armada yang mengakut atlet PEPARNAS XVII sudah siap mengantar sejak pukul 05.00 WIB.

"Sebelum melaksanakan kegiatan, kami sudah merencanakan desainnya seperti apa, kami sudah merancang berapa atletnya, rutenya lewat mana, semua sudah kami petakan. Jika sudah pertandingan, armada sudah kami petakan," kata dia.

Taufiq mengatakan, pengalaman tiga kali menggelar ajang olahraga bagi atlet disabilitas menjadikan timnya sudah sangat siap saat PEPARNAS XVII Solo kali ini.

"Kami di Solo sudah tiga kali event seperti ini dan selalu pegang transportasi, jadi kami sedikit punya pengalaman. Melihat kesuksesan APG 2022, salah satunya aksesibilitas hotel dan venue, karena PEPARNAS XVII ada regulasi, aturan semua hotel bisa diakses untuk atlet disabilitas, sesuai bidang kami," tambahnya.

Koordinasi Optimal

Sedangkan Kepala Departemen Operasional Transjakarta, Muhammad Hartono, mengatakan semua armada yang diperbantukan saat PEPARNAS XVII sudah sangat siap untuk digunakan, termasuk kendaraan pendukung lainnya.

"Kami membawa semua tim, jadi bukan hanya pramudi yang sudah terlatih dan kami berikan pelatihan setiap bulan. Ada 15 pramudi, empat petugas operasional, untuk membantu dan berkomunikasi dengan Dishub dan volunteer," tutur dia.

"Kami juga dititipkan unit angkutan sekolah Pemprov satu unit untuk kursi roda, unit tersebut bisa memuat hingga 10 kursi roda. Sesuai dengan perintah, dari Minggu sampai kami support penuh untuk PEPARNAS XVII, sesuai dengan surat tugas yang kami terima," jelas Hartono.

Sementara itu, pelatih Para Renang Jawa Tengah, Harya Dhiyaa Daffa mengapresiasi sistem dan armada transportasi selama pelaksanaan PEPARNAS XVII. Terutama adanya bus Transjakarta yang memudahkan akses bagi atlet kursi roda.

"Untuk transportasi sangat layak dan bagus termasuk dari Transjakarta, Low deck yang memudahkan bagi kami yang memakai kursi roda. Ini sangat membantu. Kami berharap setelah event selesai, transportasi yang ada dipertahankan, mungkin lebih dilonggarkan lagi ruang tampungnya dan memudahkan teman-teman yang menggunakan kursi roda," bebernya.

Data Foto, Video, dan Teks bisa di unduh di tautan berikut:
KLIK DISINI
Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)


Selengkapnya

Selengkapnya

Sosial Media