illustrasi
Kisah Inspiratif Relawan PEPARNAS XVII: Motivasi dan Pengalaman Berharga di Solo
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

Kisah Inspiratif Relawan PEPARNAS XVII: Motivasi dan Pengalaman Berharga di Solo

Solo, 8 Oktober 2024 – Untuk melancarkan pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024, Panitia Besar (PB) PEPARNAS merekrut relawan atau volunteer. Para relawan itu berperan dalam operasional turnamen, serta memberikan dukungan di area fungsional di lokasi kompetisi dan non-kompetisi.

Para relawan PEPARNAS XVII bertugas memberikan bantuan kepada tim dan ofisial peserta, penonton, dan Komite Panitia lokal di berbagai bidang, termasuk transportasi, akreditasi, media, layanan tamu, dan layanan penonton.

Akbar, salah seorang relawan mengatakan bahwa motivasi dirinya mendaftar menjadi relawan karena penasaran pada atlet disabilitas.

“Karena rasa penasaran terhadap para atlet disabilitas yang bertanding. Mereka punya semangat yang tinggi walaupun memiliki keterbatasan. Untuk itu saya mendaftar untuk menjadi relawan,” ungkapnya, Selasa (8/10/2024).

Lanjut Akbar, para relawan PEPARNAS XVII yang terpilih harus mengikuti pelatihan dasar terkait kerelawanan dan edukasi mengenai disabilitas. Pelatihan meliputi cara untuk berinteraksi, berkomunikasi, kepekaan diri, dan bentuk edukasi lainnya.

“Ada pembekalan yang harus diikuti agar (para relawan,red) memiliki pengetahuan dasar disabilitas, kemudian pengetahuan dasar cara berkomunikasi dan intonasi. Istilahnya, bagaimana cara menjadi relawan yang baik. Kemudian, akan ada spesifik training jadi mereka ditempatkan di bagian pertandingan, kedatangan, kepulangan, opening ceremony, dan lainnya,” imbuh Akbar.

Salah seorang relawan lain, Eka mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), menerangkan keikutsertaannya pada PEPARNAS XVII untuk menambah pengalaman.

“Karena diajak sepupu buat ikut dan katanya dapat uang saku. Kebetulan, saya juga belum pernah menjadi relawan di acara seperti ini,” ucap Eka.

PEPARNAS XVII Solo 2024 bukan hanya sekadar ajang olahraga, tetapi juga sarana untuk menunjukkan betapa kuatnya semangat dan dedikasi para atlet difabel, didukung oleh relawan yang bekerja keras di balik layar. (Pasha/US/Elvira Inda Sari)

 

*

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

Managing Editor Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

Dapatkan informasi lainnya di https://peparnas17.id/ dan https://infopublik.id/kategori/peparnas-xvii

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

peparnasXVII

Solo

Jawa Tengah

Peparnas

Kominfo

Menpora

peparnas17


Selengkapnya

Selengkapnya

Sosial Media