illustrasi
Santap Malam di Keraton Kasunanan Bikin Kontingen Takjub, PB PEPARNAS XVII Ucapkan Terima Kasih
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

SOLO–Panitia Besar (PB) Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 menggelar farewell dinner atau santap malam perpisahan bersama perwakilan 35 kontingen di Sasana Andrawina Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu (12/10/2024) malam WIB, untuk menutup serangkaian pertandingan yang berlangsung sepekan penuh. 

Ketua Pelaksana PEPARNAS XVII D.B. Susanto menyebut PEPARNAS merupakan ajang yang memperlihatkan bahwa negara hadir dalam kegiatan pelaksanaan olahraga dan menyejajarkan olahraga untuk semua, baik nondisabilitas maupun disabilitas.

"Olahraga itu tidak hanya dimiliki oleh insan nondisabilitas, tapi juga saudara-saudara kita yang disabilitas. Lewat PEPARNAS, kita bisa mempersembahkan prestasi dan juga melahirkan bibit-bibit yang nantinya bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," ujar D.B. Susanto.

Susanto berharap PEPARNAS XVII SOLO 2024 dapat menjadi modal para atlet Indonesia menuju laga internasional ASEAN Para Games 2025 yang akan berlangsung di Thailand.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan PEPARNAS XVII Solo 2024. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan baik," ungkap Susanto.

Ketua PB PEPARNAS XVII DB Susanto berbincang dengan Gusti Dipo saat menunggu tamu VVIP. Kegiatan ini dalam rangka jamuan makan malam atau Farewell Dinner oleh Keraton Kasunanan Surakarta untuk semua kontingen yang mengikuti PEPARNAS XVII. PB PEPARNAS XVII/Yoma Times Suryadi

Acara santap malam ini dihadiri D.B Susanto bersama Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, Sekjen ASEAN Para Sport Federation (APSF), Wandee Tosuwan, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solo, Dhoni Widianto serta Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipokusumo. 

Susanto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak tak terkecuali Keraton Kasunanan Surakarta yang mendukung pelaksanaan event ini melalui dijadikannya kebo (kerbau) bule Kiai Slamet sebagai maskot PEPARNAS XVII Solo 2024.

"Kenapa kita melaksanakan acara malam ini di Keraton, salah satunya adalah di dalam kegiatan PEPARNAS kita memakai maskot kebo bule Kiai Slamet yang merupakan tradisi Keraton Surakarta yang menggambarkan sebuah kekuatan kesejahteraan. Ini menjadi simbol bagi kita semua insan olahraga yang saat ini melaksanakan kegiatan PEPARNAS XVII di Solo," tutur Susanto.

Perwakilan PT Bayan Resources Tbk Ahmad Syahrullah selaku sponsor mengucapkan selamat atas suksesnya PEPARNAS XVII Solo 2024. 

"Kami ucapkan selamat kepada NPC Indonesia, event PEPARNAS di Solo pada tahun ini berjalan sangat lancar. Kami dari Bayan melalui program CSR PT Bayan Resource yaitu Bayan Peduli, sudah mensupport NPC sejak tahun 2022 sampai dengan event PEPARNAS ini kita juga ikut serta," ujar Syahrul.

Farewell Dinner : Pj Gubernur Jawa Tengah disambut oleh kerabat Keraton Kasunanan Surakarta untuk Farewell Dinner, Sabtu (12/10/2024). Sebanyak 35 kontingen delegasi di undang Keraton Surakarta. PB PEPARNAS XVII/Yoma Times Suryadi

Sejak tahun 2022 hingga kini, PT Bayan Resources Tbk terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung event-event NPC Indonesia. Mulai dari ASEAN Para Games Solo 2022, ASEAN Para Games Kamboja 2023 hingga Paralimpiade Paris 2024.

Syahrul melihat PEPARNAS XVII ini bisa dijadikan salah satu cara untuk mencari atlet-atlet disabilitas yang bisa mengharumkan nama Indonesia tentunya di kancah internasional. 

“Di ajang PEPARNAS ini, PT Bayan Resources Tbk melihat bibit-bibit atlet daerah dilahirkan. Bibit-bibit atlet yang mungkin selama ini punya potensi tetapi belum bisa terekspos, dia bisa menunjukkan skillnya di PEPARNAS. Bayan sangat mensupport event ini salah satunya ikut mendukung atlet-atlet yang dari daerah untuk mereka bisa ikut di ajang nasional sehingga harapannya bisa memunculkan atlet baru yang berprestasi," papar Syahrul.

Di sisi lain, farewell dinner di Sasana Andrawina Keraton Kasunanan Surakarta membuat perwakilan kontingen yang hadir takjub. Salah satunya Ketua NPC Papua Barat Daya, Fandy Dawanen. 

"Terima kasih ini pengalaman pertama saya berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta dan ini suatu pengalaman yang sangat berkesan buat saya. Tentunya saya jauh-jauh dari Papua dan saya tidak menyangka akan ada acara seperti ini. Ini suatu sambutan yang luar biasa dari pihak Keraton Surakarta," ujar Fandy.

Fandy juga terkesan dengan hidangan yang disajikan, yakni timlo Solo. Menurutnya, sajian di farewell dinner ini sangatlah enak dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. 

"Mengenai sajian luar biasa, saya tidak menyangka disajikan dengan beberapa kali menu dan semuanya tentu sangat kami nikmati. Sangat enak dan tentunya sangat sesuai dengan lidah kita orang Indonesia. Jadi sangat berkesan makanan yang disajikan di malam Farewell Dinner ini," imbuh Fandy.

Selain menyoal farewell dinner, Fandy juga terkesan dengan penyelenggaraan PEPARNAS XVII di Solo. Kontingen Papua Barat Daya mendapat pelayanan yang sangat baik, mulai dari administrasi, akomodasi hingga transportasi.

"Kami sangat terkesan dengan pelayanan luar biasa dari hari ke hari semua sesuai dengan apa yang kami butuhkan bahkan kendaraan disiapkan.  Kami punya kendaraan yang memang melekat dengan kami dan kami bisa gunakan dengan keperluan-keperluan yang menyangkut kebutuhan selama ada di Solo," jelas dia.

Data Foto, Video, dan Teks bisa di unduh di tautan berikut:
KLIK DISINI
Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

Santap Malam

Keraton Kasunanan

Kontingen PEPARNAS

PB PEPARNAS XVII


Selengkapnya

Selengkapnya

Sosial Media