illustrasi
Peparnas XVII Solo Jadi Miniatur ASEAN Para Games 2025
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

SOLO - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menjadikan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 sebagai miniatur ASEAN Para Games 2025. Ada 20 cabang olahraga yang akan dipertandingan di Kota Solo, 6-13 Oktober 2024.

Peparnas XVII sudah dipastikan bergeser dari Kota Medan ke Kota Solo. Ajang ini ditandai dengan berkumpulnya para delegasi dalam acara Chef de Mission (CdM) Seminar di HARRIS Hotel and Conventions Solo, 15-17 Agustus 2024.

Para delegasi ini datang dari 34 provinsi yang akan mengikuti Peparnas XVII Tahun 2024. Sekretaris Pelaksana Peparnas XVII, Rima Ferdianto, menjelaskan rencana yang disusun pada Peparnas XVII di Kota Solo.

20 cabang olahraga ini sengaja dipilih untuk mencari atlet baru yang bisa diandalkan pada ASEAN Para Games 2025 di Thailand, 20-26 Januari 2026. Indonesia ingin juara umum di Negeri Gajah Putih.

"Thailand ingin merebut medali dari cabang olahraga yang Indonesia tidak familiar, tetapi memang cabor-cabor tersebut masuk Paralimpiade, makanya kita harus mempersiapkan dari sekarang," kata Rima Ferdianto, Kamis (15/8/2024).

Para delegasi dalam acara Chef de Mission (CdM) Seminar di HARRIS Hotel and Conventions Solo, 15-17 Agustus 2024. Foto: Tim Media PB Peparnas 

Cara ini sudah dilakukan pada Peparnas XVI Tahun 2021 di Papua. Indonesia sukses menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 di Kamboja karena mendapatkan banyak atlet potensial dari Peparnas XVI di Papua.

"Atlet hasil Peparnas selalu membuat kita biasa juara umum, karena regenerasi dari Peparnas benar-benar banyak sekali. Harapannya bisa terulang di Peparnas tahun ini. Kita ingin mendapatkan medali dari cabor unggulan Thailand," tutur Rima.

PB Peparnas berencana membuka lebih dari 700 nomor pertandingan pada Peparnas XVII Tahun 2024 di Kota Solo. Technical handbook menjadi yang paling ditunggu pada acara CdM Seminar Peparnas XVII.

"Technical Handbook ini akan menjelaskan cabang olahraga dan nomor-nomor yang akan dipertandingkan. Setelah mendapatkan nomor yang dipertandingkan, para pengurus akan mendaftarkan atlet sesuai nomor-nomor tersebut," papar Rima.

Para delegasi dalam acara Chef de Mission (CdM) Seminar di HARRIS Hotel and Conventions Solo, 15-17 Agustus 2024. Foto: Tim Media PB Peparnas 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peparnas XVII, D.B. Susanto, memastikan persiapan terus berjalan sejak ada surat keputusan (SK) Peparnas XVII pada 29 Juli 2024. CdM Seminar Peparnas XVII menjadi bagian penting menuju perhelatan nanti.

"Kedepan akselerasinya harus lebih cepat lagi karena waktunya tinggal 48 hari, sehingga diharapkan stakeholder terkait, seperti Pemkot Surakarta, yang menyedakan sarana prasarana, mulai dari venue, UMKM dan sebagainya, semua bisa berjalan," jelas D.B. Susanto.

Peparnas XVII Tahun 2024 akan mempertandingkan cabang olahraga Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Goalball.

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Voli Duduk, Para Taekwondo, Tenpin Bowling, Para Tenis Meja, Anggar Kursi Roda, Tenis Kursi Roda, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

PEPARNAS XVII Tahun 2024

Miniatur ASEAN Para Games 2025

National Paralympic Committee Indonesia


Selengkapnya

Selengkapnya

Sosial Media