illustrasi
Komisi Nasional Disabilitas Optimistis PEPARNAS XVII 2024 Berjalan Sukses, Pengalaman APG 2022 Jadi Modal Berharga
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

Komisi Nasional Disabilitas Optimistis PEPARNAS XVII 2024 Berjalan Sukses, Pengalaman APG 2022 Jadi Modal Berharga

SOLO – Komisi Nasional Disabilitas (KND) optimistis penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Tahun 2024 di Kota Solo pada 6-13 Oktober 2024 mendatang dapat berjalan sukses. Pengalaman menggelar ASEAN Para Games 2022 menjadi modal berharga.

Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Nasional Disabilitas, Jonna Aman Damanik, saat menghadiri rapat koordinasi bersama PB PEPARNAS XVII yang berlangsung di Gedung Sekretariat Bersama, Rabu (18/9/2024). 

Dalam agenda ini, hadir pula Ketua Pelaksana PEPARNAS XVII, D.B. Susanto, Sekretaris Pelaksana, Rima Ferdianto bersama jajaran kepengurusan Sub Bidang Panitia Besar (PB) PEPARNAS XVII.

Menurut Jonna, PB PEPARNAS XVII dihuni deretan sosok penting yang pernah membuat perhelatan ASEAN Para Games (APG) 2022 di Kota Solo berjalan sukses. Hal itulah yang menjadi modal berharga untuk bisa memastikan hajatan kali ini terselenggara dengan optimal.

"Setelah berdiskusi dengan teman-teman PB PEPARNAS XVII yang sebagian besar adalah orang-orang yang melaksanakan APG 2022 di Solo, itu menjadi modal yang menguatkan serta meyakinkan kami bahwa ini bisa berjalan dengan baik,” kata Jonna, Rabu (18/9/2024).

KUNJUNGAN KOMNAS DISABILITAS - Komisioner Komisi Nasional Disabilitas, Jonna Aman Damanik (tengah) berbicara di hadapan peserta rapat saat melakukan kunjungan dan rapat koordinasi antara Panitia Besar Pekan Paralimpiade Nasional dengan Komisi Nasional Disabilitas di Gedung Sekretariat Bersama di Surakarta, Rabu (18/9/2024). Dalam kunjungan tersebut, sejumlah anggota Komisi Nasional Disabilitas memeriksa kesiapan fasilitas dan venue yang akan digunakan saat gelaran Pekan Paralimpiade Nasional XVII. PB Peparnas/ Kurniawan Arie Wibowo

"Walaupun PB PEPARNAS XVII baru terbentuk pada Juni lalu, kami tetap yakin dan percaya bahwa teman-teman bisa melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik, karena kami melihat motivasi dan semangat mereka," imbuhnya.

Pengalaman menggarap event internasional sudah terlihat dari persiapan menghelat PEPARNAS XVII 2024. Meski masa persiapan sangat mepet, namun PB PEPARNAS XVII bisa mempersiapkan segala kebutuhan dengan maksimal.

"Kami mengapresiasi teman-teman PB PEPARNAS XVII dan NPC Indonesia yang sudah berjuang dalam menyelenggarakan PEPARNAS di Kota Solo ini, karena PEPARNAS XVII ini seyogyanya dilaksanakan setelah PON," ujarnya.

"Dari sisi waktu, mulai dari bulan Juni sampai nanti pada awal Oktober, ini menjadi catatan yang penting karena ketersediaan waktu yang singkat. Namun, setelah menggelar rapat hari ini, kami yakin PEPARNAS XVII ini bisa berjalan lancar," lanjutnya.

KUNJUNGAN KOMNAS DISABILITAS - Ketua Panitia Besar Pekan Paralimpiade Nasional, D.B. Susanto (kanan) berbincang dengan Komisioner Komisi Nasional Disabilitas, Jonna Aman Damanik (tengah) saat menerima kunjungan Komisi Nasional Disabilitas di Gedung Sekretariat Bersama di Surakarta, Rabu (18/9/2024). Dalam kunjungan tersebut, sejumlah anggota Komisi Nasional Disabilitas memeriksa kesiapan fasilitas dan venue yang akan digunakan saat gelaran Pekan Paralimpiade Nasional XVII. PB Peparnas/ Kurniawan Arie Wibowo

Jonna memastikan Komite Nasional Disabilitas siap memberikan pendampingan penuh kepada PB PEPARNAS XVII. Hal tersebut demi memastikan terlaksananya penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas yang terlibat dalam hajatan ini.

"Komisi Nasional Disabilitas akan mendukung dan menguatkan sesuai dengan tugas dan fungsi kelembagaan kami dalam memastikan bahwa hak keolahragaan bagi penyandang disabilitas bisa terlaksana dengan baik,” tutur Jonna. 

"Mengenai hal-hal yang belum mendapatkan solusi, kami upayakan sesuai dengan tugas dan fungsi kami untuk segera (terealisasi). Dalam satu minggu ini, kami ingin memastikan semuanya tersedia dengan baik," lanjutnya.

Setelah melakukan rapat di Gedung Sekretariat Bersama, rombongan dari Komisi Nasional Disabilitas langsung bergerak untuk meninjau kesiapan beberapa lokasi yang akan  menjadii venue PEPARNAS XVII 2024. 

KUNJUNGAN KOMNAS DISABILITAS - Komisioner Komisi Nasional Disabilitas, Jonna Aman Damanik (tiga dari kiri) mendapat penjelasan dari perwakilan tim Tenpin Bowling Kontingen Jawa Tengah saat melakukan kunjungan ke venue Tenpin Bowling Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Bengawan Sport, Surakarta, Rabu (18/9/2024). Dalam kunjungan tersebut, sejumlah anggota Komisi Nasional Disabilitas memeriksa kesiapan fasilitas dan venue yang akan digunakan saat gelaran Pekan Paralimpiade Nasional XVII. PB Peparnas/ Kurniawan Arie Wibowo

Komisi Nasional Disabilitas (KND) didampingi PB PEPARNAS XVII meninjau venue Tenpin Bowling (Bengawan Sport), Para Taekwondo (Auditorium UNS), Para Renang (Kolam Renang Intan Pari Karanganyar) dan Para Tenis Meja (GOR Bung Karno Sukoharjo).

Komisi Nasional Disabilitas (KND)  masih akan mengunjungi venue lain sebelum kemudian kembali menggelar rapat dengan PB PEPARNAS XVII pada Jumat (20/9/2024). Rapat tersebut guna memberi masukan berkaitan dengan venue untuk menggelar 20 cabang olahraga.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

PEPARNAS XVII Tahun 2024

Rapat Koordinasi PEPARNAS XVII Tahun 2024

Kunjungan Komisi Nasional Disabilitas


Selengkapnya

Selengkapnya

Sosial Media