illustrasi
Peran Vital Tim Medis di PEPARNAS XVII, Penanganan Harus Cepat dan Tepat
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

PEPARNAS XVII, SOLO – Keselamatan seluruh atlet yang bertanding di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 tak dapat dipisahkan dari kesigapan dan kewaspadaan tim medis yang bertugas pada 6-13 Oktober 2024. Tim medis ini menjadi garda terdepan dalam menangani para atlet yang mengalami cedera. 

Salah satunya, yang ada di cabang olahraga (Cabor) para atletik yang dipertandingkan di Stadion Sriwedari Solo. Salah satu dokter yang bertugas di Stadion Sriwedari, dr Samuel Siswanto, menekankan komitmen tim medis yang sigap dalam merespons berbagai masalah yang dialami atlet di setiap pertandingan. 

Dia menyebut kerja sama seluruh elemen tim sangat penting untuk melakukan penanganan khususnya bagi para atlet yang membutuhkan perhatian. Samuel menjelaskan setiap tim medis di para atletik terdiri dari dua tim yang bertugas secara bergantian. 

Tim tersebut terdiri dari satu dokter jaga yang didukung tenaga medis lainnya seperti fisioterapi hingga tim tandu. Mereka bertugas sejak pertandingan pertama yang berlangsung pada pukul 06.30 WIB hingga nomor terakhir pukul 17.00 WIB.

“Tugas kami lumayan berat ya karena di Cabor atletik ini kami harus selalu sigap dan waspada. Kolaborasi dari masing-masing tim, baik itu dokter, fisioterapis, dan tim tandu, sangat penting dalam bertugas,” kata Samuel saat ditemui pada Jumat (11/10/2024).

PERSIAPAN ANGGAR KURSI RODAAtlet anggar kursi roda mempersiapkan diri sebelum pertandingan dalam Peparnas XVII di Hotel Solia Zigna, Solo, Jawa Tengah, Selasa (8/10/2024). Nomer pertandingan anggar kursi roda antara lain  Individual Foil, Individual Epee, Team Foil, serta Team Epee.

Menurut dokter umum di Intensive Care Unit (ICU) RSUD Ibu Fatmawati Soekarno itu, sudah ada beberapa kasus cedera yang ditangani tim medis di para atletik.

"Kasus yang paling sering kami jumpai selama ini adalah strain atau kram otot. Artinya, derajat keparahan cedera yang kami tangani di Cabor atletik ini adalah cedera ringan hingga sedang. Sejauh ini, belum ada atlet yang mengalami cedera parah," ungkap Samuel.

Cedera lainnya yang kerap dijumpai adalah luka-luka ringan pada tangan dan kaki. Samuel menyebut dalam pertandingan olahraga memang kerap kali kecelakaan-kecelakaan kecil. 

"Misalnya, dalam perlombaan yang menggunakan kursi roda, ada dua peserta yang berbenturan," imbuh dia.

Di venue para angkat berat di The Sunan Hotel Solo, tim medis juga terbagi menjadi dua tim, yakni tim medis venue dan hotel. Mereka terdiri dari dokter, dua perawat, dan satu driver ambulans. 

"Untuk tim venue itu bertugas mengikuti jalannya pertandingan dari awal sampai akhir. Tim medis hotel bertugas untuk kaver medis pada saat tidak berlangsung pertandingan. Shiftnya dari jam 06.00 - 10.00 pagi dan jam 16.00 - 22.00 malam," ucap Kepala shift tim medis para angkat berat dr Arianto Adi Wibowo.

LARI 800M PUTRA T20Seorang atlet disbailitas ditandu keluar lintasan dalam babak penyisihan pertandingan cabang olahraga lari 800m putra kelas T20 Peparnas XVII 2024 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/10/2024).  PB PEPARNAS XVII/ Agoes Rudianto

Pihaknya juga menyiapkan sejumlah alat kesehatan seperti tabung oksigen, kursi roda, AED (Automated External Defibrillator) atau alat medis yang digunakan untuk menganalisis dan memberikan kejutan listrik kepada pasien yang mengalami henti jantung serta obat-obatan medis dasar.

"Kemarin ada kejadian cedera bahu salah satu atlet, tetapi sudah bisa ditangani oleh kami. Terus sempat ada yang kita rujuk juga, karena memang membutuhkan bantuan medis yang lebih lanjut di rumah sakit," terang dr Arianto.

Namun demikian, tim medis mesti berhati-hati untuk menentukan tindakan kepada para atlet yang membutuhkan bantuan. Salah satunya terkait obat-obatan yang diberikan.

"Kami perlu berhati-hati dalam menentukan obat-obatan yang kami berikan kepada atlet agar tidak tergolong sebagai doping," ungkap Arianto.

Salah seorang tim medis yang bertugas di cabor para taekwondo, Danang Warsito, mengungkapkan keterlibatannya di PEPARNAS XVII 2024 Solo membuatnya lebih bersyukur dan lebih bisa mengapresiasi semangat para disabilitas. 

"Luar biasa, intinya kan ini ada kesetaraan juga. Ada rasa syukur juga terhadap diri sendiri dan mengapresiasi juga semangat terus juga spirit dari peserta PEPARNAS sendiri," kata Danang, saat ditemui di Auditorium UNS.

Secara keseluruhan, Panitia Besar (PB) PEPARNAS XVII menyiagakan sebanyak 736 tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat, fisioterapi, apoteker, tim tandu, dan tim ambulans. 

Layanan tersebut termasuk dengan tindakan cepat darurat berupa layanan mobile, baik di venue pertandingan maupun penginapan, yang terdiri dari tiga mobil ambulans. Setiap venue juga memiliki satu mobil ambulans.

"Jadi prinsipnya sampai hari ini kegiatan ini cukup baik, proses evakuasi, penanganan, karena teman-teman medis dari kontingen sangat kooperatif. Mereka juga sangat aktif dan menyampaikan hal-hal yang mereka butuhkan," Ketua Sub Bidang Medis dan Doping PB PEPARNAS XVII Solo 2024, Yunita Dyah Suminar.

Pertandingan terakhir PEPARNAS XVII Solo 2024 akan berlangsung pada Sabtu (12/10/2024). Ada banyak medali emas yang akan diperebutkan, terutama pada cabor para bulu tangkis dan para panahan.

Data Foto, Video, dan Teks bisa di unduh di tautan berikut:
KLIK DISINI
Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

Tim Medis

PEPARNAS XVII Solo


Selengkapnya

Selengkapnya

Sosial Media