illustrasi
PEPARNAS XVII 2024 Beri Ruang Partisipasi Penuh untuk Penyandang Disabilitas
# BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA # BEDO NANGING DIGDOYO # BERSATUNYA PARA JUARA

SOLO – Komisi Nasional (Komnas) Disabilitas mengapresiasi penyelenggaraan ajang Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 yang memperhatikan aspek partisipasi penuh penyandang disabilitas. 

Hal itu disampaikan oleh Komisioner Komnas Disabilitas, Jonna Aman Damanik, seusai menggelar rapat koordinasi bersama Panitia Besar (PB) PEPARNAS XVII yang berlangsung di Gedung Sekretariat Bersama, Kota Solo, Jumat (20/9/2024) pagi.

Dalam rapat ini, Komnas Disabilitas memaparkan hasil kunjungannya di setiap titik yang disiapkan sebagai venue penyelenggaraan PEPARNAS XVII. Visitasi serta inspeksi yang dilakukan jajaran Komnas Disabilitas ini sudah berlangsung tiga hari terakhir, tepatnya sejak Rabu (18/9/2024).

Rombongan Komnas Disabilitas didampingi PB PEPARNAS XVII mengunjungi 21 venue yang berada di Kota Solo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Boyolali. 

Sesuai mandat dan fungsinya, Komnas Disabilitas bertugas untuk memastikan partisipasi penuh penyandang disabilitas dalam pembangunan. Jonna menilai bahwa pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas telah terpenuhi pada ajang PERPARNAS XVII ini. 

"Kami bersyukur teman-teman PB PEPARNAS XVII ini memperhatikan meaningful participation. Artinya, memperhatikan betul partisipasi teman-teman disabilitas. Ini catatan penting kami karena itu prinsip yang tidak bisa dilupakan," ujar Jonna, Jumat (20/9/2024).

RAPAT HASIL PENINJAUAN VENUE - Komisioner Komisi Nasional Disabilitas, Jonna Aman Damanik (tengah) berbicara di depan peserta rapat saat digelar Rapat Koordinasi antara Komisi Nasional Disabilitas dengan Panitia Besar Pekan Paralimpiade Nasional VII di Gedung Sekretariat Bersama, Surakarta, Jumat (20/9/2024). Rapat tersebut membahas hasil dari peninjuan venue yang dilakukan oleh Komisi Nasional Disabilitas. Foto: PB PEPARNAS XVII/ Kurniawan Arie Wibowo

"Jadi, jangan sampai, ini hajatnya penyandang disabilitas, tetapi mereka tidak dilibatkan. Dari kunjungan kami, mereka dilibatkan secara penuh. Bahkan, mereka juga sangat bersemangat untuk mendukung penyelenggaraan PEPARNAS XVII ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PB PEPARNAS XVII Tahun 2024, D.B. Susanto, menyambut positif berbagai masukan yang disampaikan Komnas Disabilitas selama melakukan kunjungan. Sejumlah catatan yang telah ditampung bakal segera ditindaklanjuti untuk memastikan perhelatan ini berjalan secara inklusif.

"Setelah mendapatkan masukan-masukan, kami akan segera menggelar rapat evaluasi. Namun, yang paling penting ialah dukungan penuh dari Komisi Nasional Disabilitas kepada PEPARNAS. Ini menjadi poin bagi kami,” kata D.B. Susanto.

D.B. Susanto memastikan, pihaknya akan terus memaksimalkan sisa waktu yang ada untuk mengakomodasi masukan Komnas Disabilitas utamanya terkait dengan aksesibilitas dalam setiap venue yang digunakan pada PEPARNAS XVII ini.

Pada PEPARNAS XVII, Kota Solo bersama Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Karanganyar akan kedatangan 3.100 atlet, 1.500 ofisial serta ribuan pendukung dari 34 kontingen. 

Total ada 700 nomor pertandingan yang dibuka dari 20 cabang olahraga. Seluruh pertandingan akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Oktober 2024. Opening Ceremony PEPARNAS XVII akan terpusat di Stadion Manahan Solo pada 6 Oktober 2024.

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.
Managing Editor, Bidang Media Panitia Besar (PB) PEPARNAS - Ali Lutfi (08122619536)

Peparnas XVII 2024

Peparnas Solo 2024

Komnas Disabilitas

Komisi Nasional Disabilitas


Selengkapnya

Selengkapnya

Sosial Media